example banner
.

Forum Konsultasi Publik Bahas Rancangan Awal RKPD Minahasa 2020

TONDANO,pojoksulut.id — Bupati Minahasa melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jeffry Korengkeng, membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa tahun 2020 di ruang sidang kantor bupati, Senin (18/3/2019).

Tampil sebagai narasumber Asisten Pembangunan dan Perekonomian Sekdakab Minahasa Sihar Wilford Siagian, Sekretaris Bappeda Propinsi Sulut Aldrin Anis, akademisi Een Walewangko dan Kepala Kepala Bappelitbangda Minahasa Hanes D. Wagey.

Hadir pula jajaran Pemkab Minahasa, camat, tokoh masyarakat, LSM, pengusaha dan para peserta forum konsultasi lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Korengkeng mengatakan rencana awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan.

Forum konsultasi publik, lanjut Korengkeng, merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk penyempurnaan kebijakan penyusunan rancangan awal RKPD tahun 2020 Kabupaten Minahasa dan Rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2020.

“Rancangan tema dan prioritas pembangunan Rancangan awal RKPD tahun 2020 Kabupaten Minahasa yaitu Pemantapan Infrastruktur Sosial Budaya, Ekonomi dan Lingkungan Hidup untuk mendukung peningkatan daya saing sumber daya manusia dan kewilayahan,”papar Korengkeng.

Sementara sarana prioritas pembangunan yaitu Mapalus (Masyarakat Peduli dan Tulus untuk sesama), RR-RD (Rakyat Ramah, Rukun dan Damai), RR-RD Tondano ( Rehabilitasi, Revitalisasi dan Rekreasi Danau Tondano), Sumikolah, Lansia Sehat, Rumah tinggal layak huni, Pengembangan infrastruktur, Pertanian, perikanan dan pariwisata, Lingkungan hidup dan pemanfaatan energi terbarukan, birokrasi handal dan profesional.

“Tema dan prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa selalu berpedoman pada Perda tentang RPJMD tahun 2018-2023 dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati Minahasa,”jelas Korengkeng sembari berharap melalui forum ini dapat menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang bersifat transparan, responsif, efisien, akuntabel, paritispatif , terukur dan berwawasan lingkungan terutama sesuai kebutuhan masyarakat.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.