example banner
.

Elektabilitas Meningkat, Survey Citra Politik Indonesia : VAP Diprediksi Mampu Tumbangkan Incumbent

MANADO,pojoksulut.id– Meningkatnya elektabilitas dari seorang Srikandi asal tanah Tonsea DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) menjadi ancaman bagi sang petahana Olly Dondokambey SE (OD). Pasalnya, dipertengahan bulan Agustus 2020, kedua calon Gubernur Sulut ini, memperoleh hasil survey dari Citra Politik Indonesia yakni; OD 42,3% dan VAP 24,4%. Dengan melihat angka tersebut, diprediksi VAP mampu tumbangkan incumbent (OD) dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Sulawesi Utara.

Dari analisis top mind, simulasi calon terbuka, simulasi 5 calon, dan 3 calon, sangat terlihat VAP adalah calon potensial mengalahkan OD, 9 Desember mendatang.
Selisih antara OD dan VAP mulai dari Top mind sampai simulasi 3 calon Gubernur, hanya 18-20%.

Pilkada masih menyisahkan waktu 4 bulan dari saat survei dilakukan. Incumbent dengan selisih tidak lebih 20% dari penantangnya berada pada situasi yang rumit, dan berpotensi untuk dikalahkan.

Popularitas dan kedisukaan OD dan VAP tidak jauh beda. Di banyak pengalaman Pilkada, makin mendekati hari pelaksanaan Pilkada, maka keterpilihan dan kedisukaaan incumbent akan mengalami penurunan.

Hal ini juga terlihat di Pilkada Sulut. Jika VAP bekerja bersosialisasi dengan efektif, VAP sangat berpotensi memenangkan Pilkada Sulut. Dan bukan hal yang tidak mungkin, November 2020, VAP akan melewati Incumbent (OD). Karena kenaikan elektabilitas VAP di Bulan Agustus cukup siginifikan, sekitar 11% dari survei yang dilakukan Citra Politik Indonesia di Bulan Maret 2020.

Sementara posisi Christiani Eugenia Paruntu (CEP) tidak banyak berubah hanya naik 2% dari Bulan Maret 2020.
(vhy)*

About The Author

Reply

example banner
.