example banner
.

Efraim: SP3 Bukan Berarti Bebas

MANADO,pojoksulut.id — Pasca dikeluarkan Surat Perintah Pemberhentian Penyidikan (SP3) oleh pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) atas kasus dugaan tindak pidana menyuruh menempatkan keterangan palsu kedalam akta otentik (akta hibah) atau pemalsuan surat dengan mengeluarkan surat ketetapan nomor S Tap/03/III/2020/Ditresktrimum tentang penghentian penyidikan atas terlapor Fien Sompotan (FS) masih berkelanjutan.

Kuasa waris 6 Dotu Tanjung Merah Efraim Lengkong saat disambangi pewarta di salah satu tempat dibilangan kampus unsrat (13/4-2020) mengatakan bahwa SP3 bukan akhir dari bebasnya seseorang yang terjerat kasus pidana.

Efraim menjelaskan bahwa SP3 yang dikeluarkan oleh Polda Sulut No: S.Tap/03/|||/2020 Tentang Penghentian Penyidikan, berdasarkan Gelar Perkara Khusus di Rowasidik Bareskrim Polri (12/2-2029) yang isi rekomodasi tersebut dinilainya tidak cukup bukti atau ibarat “Menepuk Air di Dulang, Terpecik Muka Sendiri”.

Pasalnya, lanjut Efraim, sebelum penyidik Polda Sulut cq Direskrimum Polda Sulut menetapkan FS sebagai Tersangka (TSK) penyidik sudah melalui mekanismenya dan hal ini diketahui oleh pelapor dkk cq ahli waris 6 dotu Tanjung Merah lewat bukti surat yang dikirimkan penyidik kepada pelapor seperti Surat tanda terima laporan (STTLP) dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Penyidikan (SP2HP).

“Hal tersebut sudah jelas ada 2 alat bukti dan juga dijelaskan dalam SP2HP tentang adanya P19 dari JPU yang memintahkan adanya Uji Labkrim ini sudah mengisyaratkan penyidik sementara melengkapi, apalagi sesuai informasi yang didapat dari kalangan penyidik sendiri yang mengatakan Hasil uji labfor “Non Identik” alias palsu,”tegasnya.

Efraim menambahkan tidak mungkin anda mengantongi ijazah SMU kalau anda tidak mempunyai ijazah SMP dan SD Ok , kata efraim sambil tertawa lucu.

Ditanya apa langkah hukum yang akan ditempuh, wartawan senior ini mengatakan bahwa saat ini masih dalam suasana Paskah, dan kita semua masih disibukkan dengan “perang melawan Corona”.

“Tapi kalian lihat saja pasti hukum akan ditegakan, Sp3 bukan akhir dari bebasnya seseorang yang terjerat hukum,”tandas Efraim optimis.

(***)

 

About The Author

Reply

example banner
.