Dinas Perindustrian Minut Gelar Pelatihan Pembuatan Asap Cair

AIRMADIDI,pojoksulut.id —- Pemkab Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Perindustrian Minut menggelar pelatihan pembuatan asap cair di Balai Desa Tontalete Rok-Rok, Kecamatan Kema, Kamis (8/8/2019).

Pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari, 8-9 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Minut Richard Toar Sendow, SP, M.Si

Dalam sambutannya mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, S.Th mengatakan, pembangunan industri yang menjadi salah satu tujuan dari visi dan misi Pemkab Munut diharapkan dapat memberikan dorongan yang cukup kuat bagi seluruh potensi masyarakat untuk melaksanakannya.

“Potensi industri agro, hutan, logam, kimia, dan elektronika melalui Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Minut layak dikembangkan dan ditingkatkan,”kata Sendow.

“Melalui pelatihan ini, kiranya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat mengurangi penggangguran serta memperkuat ekonomi kemasyarakatan,”tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perindustrian Minut, George E. Sekeon, SE selaku narasumber menjelaskan tentang peluang pasar bagi para Industri Kecil Menengah (IKM)

” Tugas dari Pemkab khususnya Dinas Perindustrian Minut untuk selalu memonitor dan memberikan pembinaan kepada IKM tersebut untuk bersaing dalam industri yang berskala besar dengan membuka peluang pasar serta menjalin relasi dengan pihak luar,”terangnya.

Lanjutnya, Dinas Perindustrian Minut telah bekerjasama dengan Badan Riset Industri dan Standarisasi (BARISTAR) untuk mengetahui kualitas dari Asap Cair ini yang nantinya akan diproduksi.

“Saat ini Kabupaten Minut sementara mengupayakan dana DAK, semoga ditahun 2020 sudah bisa terealisasi. Dan rencananya di Desa Tontalete Rok-rok akan dijadikan central produksi atau pusat turunan kelapa,”tandasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Industri Logam, Mesin dan Elektronika Agustien Kodoati, SE, Camat Kema 1 Vilma Anthonie, Hukum Tua Tontalete dan para peserta pelatihan.

(vhy)

About The Author

Reply