example banner
.

Danau Tondano Prioritas Utama Pemerintah Pusat

TONDANO,pojoksulut.id – Danau Tondano di kabupaten Minahasa adalah salah satu Danau di Indonesia yang menjadi prioritas utama Pemerintah Pusat. Hal ini dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, DR. Ir.Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc saat melakukan kunjungan kerja di kabupaten Minahasa dan meninjau lokasi revitalisasi danau Tondano, selasa 29 September 2020.

Dikatakan Hadimuljono bahwa mulai dari pembangunan tanggul, akan dikirim alat untuk mengangkat enceng gondok dan berbagai program prioritas lainnya untuk revitalisasi danau Tondano.
“Hal ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Pusat terhadap upaya dan perjuangan Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam rangka Percepatan Penyelamatan Danau Tondano.”ujar Hadimuljono

Sementara itu Bupati Minahasa DR.Ir. Royke Octavian Roring, MSi mengatakan Pemerintah kabupaten Minahasa bersama balai sungai telah menyusun rencana aksi untuk Danau Tondano.

Bupati Roring mengusulkan 19 kilometer jalan pesisir danau yang masih merupakan jalan Provinsi dapat dijadikan jalan Nasional karena merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Strategis Nasional (KSN) danau Tondano, agar penanganan Danau Tondano dan sekitarnya bisa tertangani dengan baik.

Menteri PUPR RI, Bupati Minahasa bersama Anggota Komisi V DPR-RI asal Sulawesi Utara Herson Manyulu, Staf Khusus Bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Lucky Harry Korah, Kepala Balai Sungai Sulut Ir Mochammad Silachoedin ME, meninjau langsung keadaan Danau Tondano yang pekerjaan revitalisasinya sementara dilakukan secara bersama, bertahap dan berkelanjutan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa. Total panjang jalan yang mengelilingi Danau Tondano 43 kilometer.

(herdy)

About The Author

Reply

example banner
.