example banner
.

Dampak Covid-19, Bawaslu Nonaktifkan Sementara Badan Adhoc

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak September 2020 bergeser dari jadwal yang sudah ditentukan, terkait penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Hal tersebut berdampak juga ke Badan Adhoc yang tersebar di sepuluh Kecamatan yang ada di Minahasa Utara (Minut) sehingga dilakukan penonaktifan berdasarkan surat edaran Bawaslu RI.

” Sesuai surat edaran Bawaslu RI Nomor 0252/K.Bawaslu/PM.00.00/3/2020 tertanggal 24 Maret, tentang pemberhentian sementara Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa,” tutur Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Minut, Rahman Ismail SH. Senin (30/03/2020).

Rahman Ismail menambahkan, penonaktifan badan adhoc mulai berlaku pertanggal 1 April 2020. Upaya ini dilakukan untuk pencegahan penularan Covid-19. Tercantum dalam surat edaran Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota diminta untuk memastikan penundaan aktivitas tahapan pemilihan yang dilaksanakan oleh badan adhoc KPU, dalam hal ini PPK dan PPS.

Sementara Bawaslu Kabupaten diminta melakukan pemetaan situasi terkini perkembangan wabah Covid-19. Untuk honorarium badan adhoc dibayarkan atas output kerja bulan Maret.

“Dalam masa penundaan ini, semua badan adhoc tidak diberikan honorarium. Karena belum ada aktivitas di tingkat badan adhoc, terkecuali uang operasional,” jelas Rahman.

(vhy)

 

About The Author

Reply

example banner
.