example banner
.

Bupati VAP Berharap Minut Terbebas Dari Bencana Karhutla

AIRMADIDI, pojoksulut.id —- Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Aneke Panambunan STh (VAP) bersama jajarannya, mengunjungi Posko Siaga Darurat Kebakaran di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu Kecamatan Dimembe, Rabu (25/9/2019). Disini, Bupati VAP berharap Minut segera terbebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

“Terima kasih atas perhatian dan bantuan semua pihak. Mari kita doakan, agar cepat melewati musibah ini,”ucapnya.

“Bila masih memerlukan sesuatu (bantuan) langsung buat permintaan, biar saya langsung tandatangani,”jelas Bupati VAP kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minut, Ir Jofieta Supit.

Sementara itu, pimpinan Manggala Agni Hambali dan Unit SAR Sulawesi Utara (USSU) D Malonda menjelaskan, pihaknya masih menangani beberapa titik nyala api di wilayah Desa Pinilih.

Selain memadamkan api dengan cara pembuatan ring, tim Manggala Agni, Relawan USSU, warga dan TNI Polri bahu membahu memadampakan api dengan cara penyemprotan.

“Selang pemadaman yang ditarik hingga ke titik api, airnya dipompa dari bawah dengan menggunakan mesin. Pemadaman dikonsentrasikan di kawasan Bukit Tumampas untuk mencegah api menjalar ke wilayah Bitung. Selanjutnya dilanjutkan ke wilayah dimana terdapat api baru yang mulai membakar,”terang Hambali.

Terpisah, Kepala BPAT Fernando Simanjuntak S.ST PI mengatakan akan terus mensuport  keberadaan Posko Siaga Darurat Kebakaran di wilayah BPAT.

“Kami akan terus mensuport Posko Siaga Darurat Kebakaran, bahkan siap menyediakan tenaga untuk ikut dalam upaya pemadaman. Kamipun mengapresiasi seluruh tim yang terlibat baik institusi pemerintah maupun relawan swasta atas aksi heroik kemanusiaan yang sudah ditunjukan selama berdirinya posko,”tukasnya.

Turut mendampingi Bupati VAP Camat Dimembe Ansye Dengah, Kepala KPPT Jack Paruntu SE, anggota DPRD Minut dari Partai Nasdem Daniel Mathew Rumumpe yang ikut memberikan semangat bagi tim yang bekerja di Posko.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.