Bupati Tetty Paruntu Hadiri Rakernas APKASI 2019 di Bali

AMURANG,pojoksulut.id — Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr Christiany Eugenia  Paruntu SE, menghadiri rapat kerja nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (21/8/2019).

Rakernas yang dilaksanakan hingga 23 Agustus 2019 ini, digelar bersamaan dengan APKASI Smart Regency Expo dan Forum 2019 dengan tema “Menuju Kabupaten Cerdas Melalui Digitalisasi Pelayanan Publik”.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo BSEE, MBA saat membuka Rakernas mengatakan bahwa, satu-satunya yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa kita adalah meningkatkan investasi dan konsumsi dalam negeri.

“Tanpa investasi akan sulit ekonomi dari desa untuk berhasil. Kami mengumpulkan 128 bupati dan perusahaan yang terkait berhasil mendapatkan komite investmen sebesar Rp 47 triliun tapi sayangnya, terealisasi Rp 27 triliun, dan kendalanya masalah perijinan di daerah-daerah,”terangnya.

Pada Rakernas ini, APKASI dan Buka Lapak melakukan MoU, terkait untuk mendorong pemerintah daerah agar mengganti dengan yang berbasis teknologi informasi. Tujuanya, agar produk-produk unggulan mereka bisa dijual, digunakan, sehingga menjadi cara dari daerah untuk menghadapi tumbuhnya model-model pemasaran baru.

“Karena tidak bisa lagi sekarang kepala daerah bersama dinas UMKM angkut-angkut pameran-pameran pindah sana pindah sini. Kalau tidak dibarengi dengan yang online selain yang offline ini maka kita akan tertinggal jauh,”ungkap Ketua Umum APKASI, Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, Bupati Dr Christiany Eugenia Tetty Paruntu SE mengatakan, Kabupaten Minsel siap menyelaraskan program pembangunan SDM terintegrasi, yang dimulai mulai dari pendidikan, kesehatan serta peningkatan kualitas untuk mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju.

“Semua hal itu harus dilakukan secara terpadu, dimana pemerintah provinsi sebagai pemegang kewenangannya. Demikian pula kesehatan ibu dan anak, misalnya untuk penurunan stunting, harus menjadi program bersama dengan berpijak pada kearifan pangan lokal. Dalam hal ini Terkait peningkatan kualitas pendidik, dimana APKASI sudah mendukung sesuai dengan ide,”papar Bupati Minsel dua periode, yang akrab disapa Tetty Paruntu ini.

(hard)

About The Author

Reply