example banner
.

Bupati Tetty Deklarasikan Gerakan “Minsel Bersih Sampah”di Peringatan HPSN

AMURANG, pojoksulut.id –— Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), jajaran Pemkab Minahasa selatan (Minsel), melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama diseputaran jalan Boulevard Amurang, Jumat (23/2/2018).

Momen peringatan HPSN dihadiri Bupati Dr. (HC) Christiany Eugenia Paruntu, SE bersama Sekretaris Daerah, para jajaran penjabat, serta jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minsel.

Kegiatan ini juga disaksikan Kepala Badan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Perhubungan RI, Dr. Ir. Djoko Sasono, M, Se (Eng), Kepala Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Perhubungan Laut RI, Ir. I Nyoman Sukayadnya, MM, Pimpinan DPRD Minsel, Forkompimda Minsel.

Bupati mendeklarasikan Gerakan “Minsel Bersih Sampah”. Dilokasi Wisata icon I AM Amurang. Bersamaan dengan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian hibah Pemkab Minsel  dengan Badan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementrian Perhubungan RI Dr. Ir. Djoko Sasono, M, Se (Eng), mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Minsel yang sudah melaksanakan peringatan HPSN 2018.

“Perjanjian ini merupakan suatu hal yang luar biasa, kami bisa berlari untuk membangun dan mengembangkan Balai Pendidikan Pelatihan Pelayaran Minahasa Selatan, tentunya bantuan dan support pemerintah daerah memberikan kemudahan bagi kami, dengan demikian kami nantinya akan mempertanggung jawabkan dengan begitu balai pelatihan ini akan menjadi icon di Kabupaten Minahasa Selatan, bahkan Sulawesi Utara dan Indonesia,”jelas Sasono .

“Saya mengundang putra putri terbaik daerah ini bisa menjadi pelaut melalui sekolah ini,”tambahnya.

Tak lupa juga Bupati Dr. (HC) Christiany Eugenia Paruntu, SE, menyampaikan, pemerintah telah melaksanakan berbagai upaya mewujudkan masyarakat bersih dan sehat, serta nyaman, dengan membentuk Undangan-undang No. 18 tahun 2018 tentang pengelolaan sampah serta peraturan pemerintah No. 81 tahun 2013 tentang sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga serta Perpres 97 tahun 2017 tentang kebijakan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

“Hari ini, saya mencanangkan hari peduli sampah nasional 2018 dan mendeklarasikan gerakan “Minsel Bersih Sampah”, karena kitalah yang harus menjadi aktor utama terwujudan budaya bersih dan sehat. Demi mewujudkan Minsel yang bersih dan sehat, marilah kita bersihkan dari sampah demi mewujudkan masyarakat yang sehat, maju, dan terdepan,”ujar Bupati Minsel dua periode ini.

“Penandatanganan naskah perjanjian hibah berupa tanah Balai Diklat dari Pemkab Minsel kepada Badan Sumberdaya Manusia Kementerian Perhubungan RI, dan penerimaan hibah milik negara berupa bangunan dermaga, dan rambu suar pelabuhan penyeberangan Amurang dari Kementerian Perhubungan kepada Pemkab Minsel.

Hadirnya Balai Diklat Daerah Minsel merupakan suatu kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat. Melalui perjanjian hibah ini pemerintah menyerahkan sepenuh pengelolaan Balai Diklat ini ke pihak Kementerian Perhubungan RI, namun walaupun telah diserahkan pemerintah daerah tetap akan terus memfasilitasi dan mengupayakan pengembangan dan kemajuan Balai Diklat ini,“terang bupati tercantik se Indonesia ini.

(hard)

About The Author

Reply

example banner
.