example banner
.

Bupati ROR Resmikan Revitalisasi Pasar Rakyat Tondano

TONDANO,pojoksulut.id — Pasar rakyat Tondano yang di revetalisiasi mengunakan anggaran DPA Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa tahun tahun 2018 senilai kurang lebih Rp 2,6 miliar, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR), Sabtu (19/01/2019).

Dalam sambutannya, Bupati ROR mengatakan bahwa keberadaan suatu pasar menunjukan suatu keberhasilan dari salah satu daerah, sebab berputarnya ekonomi suatu daerah terlihat dari pasar.

“Kita bersyukur boleh mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk membangun pasar ini. Kedepan, dengan ketambahannya fasilitas ini, saya berharap para pedagang dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya,”ujarnya.

Bupati pilihan rakyat ini mengajak kepada masyarakat untuk bersyukur sebab sinergitas antara pemerintah pusat (Kementerian Perdagangan) dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, sampai ke Kabupaten Minahasa.

“Manfaatkan ini dengan menjaga kebersihan. Supaya apa yang telah kita buat ini boleh dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Dan biarlah tempat ini benar-benar menjadi berkat bagi kita semua, sehingga perputaran uang di Minahasa khususnya di Kota Tondano lebih meningkat,”jelas Bupati ROR seraya mengimbau agar Kepala Dinas Perdagangan serta Kepala Pasar dan para petugas pasar, untuk benar-benar selektif menentukan pedagang yang akan menempati tempat ini.

“Beri kesempatan kepada masyarakat kita untuk berdagang, tentu dengan kriteria dan mekanisme yang sudah di tentukan. Jangan ada KKN, sebab saya tidak ingin ada laporan masuk dari sesama pedagang,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Minahasa Moudy Lontaan menjelaskan revitalisasi dibangun diatas lahan dari bagian tanah Pasar Tondano yang adalah milik Pemkab Minahasa.

Sedangkan tujuan dan sasaran pembangunan pasar, menurut Lontaan adalah untuk memperlancar arus distribusi barang, meningkatkan daya saing pasar, serta mengoptimalkan peran pasar rakyat sebagai pusat kegiatan distribusi penyaluran barang secara langsung atau tidak langsung kepada konsumen.

“Pembangunan pasar ini meliputi satu unit los ikan segar, satu bangunan los buah, empat unit kios, satu unit gedung kontruksi dua lantai yang didalamnya terdapat los bawang rica tomat (Barito), cafetaria (foodcourt) tujuh unit dan satu toilet,”terang Lontaan.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.