example banner
.

Bupati ROR Bersama Camat, Lurah dan Hukumtua Bahas Program Pembangunan

TONDANO,pojoksulut.id —- Seluruh camat, lurah dan hukumtua se-Kabupaten Minahasa, Selasa (9/7/2019), mengikuti Rakor evaluasi dan pemantapan Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Kelurahan, serta pemantapan program Pemkab Minahasa.

Rakor yang dilaksanakan di BPU Tondano itu, dihadiri Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR), Asisten Pemerintahan dan Kesra DR Denny Mangala,MSi dan pimpinan OPD.

Dalam Rakor ini, Bupati ROR memimpin rapat dengan mengevaluasi kinerja seluruh camat sampai pada perangkatnya.

“Saya menginstrusikan agar dana desa dan kelurahan dipercepat, dan pembayaran honor perangkat agar diupayakan untuk setiap bulannya bisa dibayarkan, dan di transfer langsung ke rekening masing-masing,”kata bupati.

Pencapaian pajak bumi dan bangunan atau PBB, turut dibahas dalam Rakor ini.

Saat diberikan kesempatan bertanya, beberapa lurah dan hukumtua memberikan usulan dan masukan terkait PBB, program bantuan pangan non tunai, PKH, infrastruktur jalan, sekolah, pengelolaan sampah, lahan pekuburan dan pengadaan tower.

“Usulan dan masukan ini, nantinya akan saya bahas bersama instansi terkait. Ini semua perlu ada reward dan untuk usulan usulan nanti diupayakan di APBD,”terang Bupati ROR.

Terkait pelaksanaan Pemilihan Hukumtua (Pilhut) agar bisa dipercepat dan di selenggarakan pada tahun ini, menurut Bupati ROR, masih menunggu surat edaran dari gubernur.

“Anggaran Pilhut akan dianggarkan pada tahun 2020 mendatang. Jika Pilhut dilaksanakan tahun ini, pemerintah berupaya untuk pembiayaannya di APBD Perubahan. Tapi jika dana tidak cukup, pemerintah provinsi Sulut akan memberikan dana hibah,”jelas bupati.

Lanjutnya, tahun ini adalah tahun sosialisasi pengurangan sampah plastik dan disampaikan kepada seluruh perangkat untuk dapat mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Saya menginstrusikan kepada Badan Pegelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, untuk membentuk 3 sampai 5 tim selama 2 minggu untuk menyelesaikan Rekon Data agar realisasi PBB tahun ini dapat tercapai,”tegas bupati seraya mengimbau masyarakat bisa menjaga keamanan pada pelaksanaan Pengucapan Syukur 21 Juli 2019 mendatang.

“Seluruh camat, lurah dan hukum tua menyampaikan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan, dan menjadi perhatian kepada kita semua untuk jalan-jalan yang sempit harus ada penjagaan dari Dinas Perhubungan, SatPol-PP dan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kemacetan,”pungkasnya.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.