example banner
.

Bupati ROR Irup Hari Lahir Pancasila Ke-74 

TONDANO,pojoksulut.id — Pemkab Minahasa menggelar upacara memperingati hari Lahir Pancasila ke-74 di halaman kantor bupati, Sabtu (1/6/2019). Bupati Ir. Royke Octavian Roring MSi tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Hadir dalam upacara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Forkopimda Kabupaten Minahasa, pimpinan OPD dan seluruh ASN Pemkab Minahasa.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Minahasa mengatakan, kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hari ini dapat berkumpul dan mengadakan upacara memperingati Hari Kelahiran Pancasila.

“Pancasila mampu menyatukan kita semua, sebagai satu bangsa dan hidup dalam negara kesatuan Republik Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,”ujarnya.

Lanjut Kepala BPIP RI mengatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Berkat pancasila yang berkelindan dengan nilai nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

“Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”. Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa, memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan,”paparnya.

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, lanjut Kepala BPIP dalam sambutannya menegaskan bahwa, bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Tema peringatan Hari lahir Pancasila tahun 2019 “Kita Indonesia, Kita Pancasila”,”tandasnya.

“Kita Indonesia Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,”tambah Bupati ROR.

Bupati menambahkan, kita bersyukur karena Pemilu sudah terlaksana dan kita semua sudah ikut berpartisipasi.

“Kita memberikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu, Panwas, PPK sampai kepada petugas KPPS juga Kapolres Minahasa, Dandim 1302 Minahasa, Kajari Minahasa bersama seluruh jajaran yang ada karena sudah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,”ujar bupati sembari mengajak masyarakat untuk terus menjaga suasana yang aman dan damai di tengah-tengah suasana kita memperingati hari lahir Pancasila dan jelang memasuki Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Kepada saudara-saudaraku umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi akan merayakan hari Idul Fitri yang adalah hari kemenangan. Selamat Menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah,”tutup bupati.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.