example banner
.

Bimtek Bawaslu Minut, Siregar: Aplikasi Gowaslu Jadikan Masyarakat Pengawas Partisipatif

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada seluruh Panwascam Minut  yang digelar selama tiga oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minut berjalan sukses.

Pada Bimtek ini, pihak Bawaslu Minut menghadirkan pembawa materi dari Bawaslu RI khusus Divisi Hukum, Fritz Edward Siregar, Selasa (18/02/2020) di Hotel Sutan Raja Maumbi.

Dikatakan Fritz Edward Siregar, untuk menguatkan pengawasan, perlu adanya pengawas tingkat kecamatan (Panwascam) sampai pada pengawas tingkat TPS karena Panwascam maupun pengawas di TPS adalah ujung tombak pengawasan dari Bawaslu Minut.

“Bawaslu perlu meningkatkan Bimtek, jika sebelumnya dilakukan dua kali, sekarang bisa ditingkatkan menjadi tiga kali. Ini untuk pemahaman serta memaksimalkan tugas dari  pengawas Ad Hoc,” kata Siregar.

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu  mengajak seluruh masyarakat untuk mendownload aplikasi Gowaslu.

“Dengan adanya aplikasi Gowaslu, masyarakat sudah bisa terlibat dalam pengawasan partisipatif dan diharapkan masyarakat juga bisa dengan mudah melaporkan adanya temuan pelanggaran ditiap tahapan Pilkada,” kata Siregar

Diketahui, Gowaslu diluncurkan Bawaslu sejak Agustus 2016 lalu.  Aplikasi ini merupakan laporan pelanggran Pilkada berbasis Android untuk memudahkan pemantau dan masyarakat pemilih dalam mengirimkan laporan dugaan pelanggaran yang ditemukan dalam proses pelaksanaan Pilkada.

Dengan basis teknologi, pengawas memberikan fasilitas yang mempercepat pelapor dalam menyampaikan setiap laporan pelanggaran Pilkada yang terjadi kepada pengawas Pemilu untuk menindaklanjuti temuan dan dugaan pelanggaran.

Gowaslu menfasilitasi adanya data, temuan dan informasi mengenai pelaksanaan Pilkada yang dilakukan oleh individu, kelompok masyarakat, atau organisasi pemantau.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.