example banner
.

97 Pemdes Minut Studi Banding di Desa Kutuh Bali

AIRMADIDI,pojoksulut.id — Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) bersama 97 Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Minahasa Utara, melakukan studi banding di Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (31/7/2019).

Kepada pewarta, Kepala Dinsos PMD Minut Bobby Najoan SH MH mengatakan, studi banding ini bertujuan menambah wawasan serta pengetahuan kepada Pemdes agar nantinya apa yang mereka lihat di daerah ini (Bali), boleh mereka implementasikan di wilayah yang mereka pimpin.

“Kami bersama pemdes datang studi banding di Desa Kutuh untuk bisa mengadopsi apa yang ada disini demi kemajuan desa di Minahasa Utara,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Adat Bendese Dr Drs I Made Wena MSi, didampingi Kepala Desa Perbeke I Wayam Purja SE menjelaskan, Pemdes Kutuh bersama masyarakat bersepakat untuk menjadikan desa mereka sebagai desa maju.

“Untuk memajukan desa, kita harus cinta desa dulu. Selanjutnya, wajib merubah pola pikir, menyamakan persepsi semua masyarakat dan memanfaakan semua lahan dan potensi yang ada di desa, serta mendorong masyarakat untuk sadar wisata,”jelas I Made Wena.

Ia menambahkan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa Kutuh mencapat Rp 40 miliar pertahun.Selain itu, Desa Kutuh juga memiliki Bhaga Usaha Manunggal Desa Adat (BUMDA) Unit Pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD) yang saat ini memiliki dana Rp 128 miliar.

“Awalnya modal BUMDA ini hanya Rp 13 juta, saat ini sudah berkembang menjadi Rp 128 miliar,”ujarnya.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.